Khasiat Kopi Hijau Alana – Kios Coffee Maker di Gajah, Demak

Khasiat Kopi Hijau Alana – Kios Coffee Maker di Gajah, Demak



Khasiat Kopi Hijau Alana – Kios Coffee Maker di Gajah, Demak - Walaupun semakin berlimpah pecinta kopi yang mengenali beraneka macam jenis kopi, namun gak sedikit pula yang nyatanya masih tidak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, kata beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimpel itu, tapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, dimulai dari tipenya, daerah ditanamna, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan bijinya. Karena itu, meski berjenis sama, rasa kopi Gayo dengan Tana Toraja umpamanya, mempunyai aroma serta citarasa yang begitu beda.

Biji kopi sendiri memiliki verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta adalah verietas mayoritas yang ada di Indonesia serta digunakan di sebagian besar warkop.

Tetapi, apakah kalian semua telah paham karakteristik dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai struktur butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit akan tetapi menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi juga seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang hama karat daun terutama kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pula gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang aroma yang sedap seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tak heran mutunya juga lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Indonesia yakni kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang ramai bermunculan ialah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Alana – Kios Coffee Maker di Gajah, Demak


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi saat ini di beragam bagian bumi, petani menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karna menyandang cita rasa yang spesial, berbeda di setiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M MDPL dengan temperatur udara antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat dan tahan penyakit & hama.

Adapun keistimewaan setidaknya gamblang yakni taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi jenis ini nyaris serupa. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, namun sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam satu tahun, perihal ini karena ditanam di hawa rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor dengan kopi robustanya di Negeri ini yakni Lampung, juga sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang telah mengetahui dan merasakan beraneka veretas kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya kian ramai kedai kopi yang menyajikan beragam varian kopi Arabika.
Kendati seperti itu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi artikel dalam web Khasiat Kopi Hijau Alana – Kios Coffee Maker di Gajah, Demak, semoga berguna.

0 comments