Manfaat Kopi Untuk Kulit Tubuh – Kios Coffee Maker di Bayang, Pesisir Selatan

Manfaat Kopi Untuk Kulit Tubuh – Kios Coffee Maker di Bayang, Pesisir Selatan


Manfaat Kopi Untuk Kulit Tubuh – Kios Coffee Maker di Bayang, Pesisir Selatan - Walaupun makin berlimpah pecinta kopi yang menandai bermacam jenis kopi, akan tetapi gak sedikit pula yang tampaknya masih tidak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimpel itu, akan tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, dimulai dari tipenya, kawasan penanamannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, kendati dengan jenis sama, citarasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja umpamanya, menyandang aroma dan cita rasa yang begitu beda.

Biji kopi tu sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta adalah jenis terbesar yang ada di Indonesia dan dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Akan tetapi, apakah kamu semua sudah paham karakter dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai rupa batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit tapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Suhu di perkebunan juga hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang hama karat daun terutama jika ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian pula tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tidak heran mutunya pula lebih mahal dibanding jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Indonesia ialah Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini banyak bermunculan yakni kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Manfaat Kopi Untuk Kulit Tubuh – Kios Coffee Maker di Bayang, Pesisir Selatan


Kopi Arabika dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi masa ini di bermacam belahan bumi, orang menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa istimewa, berlainan di tiap-tiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 M MDPL dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat juga resistan hama dan penyakit.

Adapun keunikan paling kentara yaitu peringkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi tipe ini hampir sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sukar didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, kondisi ini karna ditanam di temperatur udara rendah, sehingga dapat cepat panen" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Negeri ini ialah Lampung, juga beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah mengenal dan merasakan beraneka tipe kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya semakin ramai kedai kopi yang menyediakan beragam variasi kopi Arabica.
Walaupun begitu, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi tulisan di blog Manfaat Kopi Untuk Kulit Tubuh – Kios Coffee Maker di Bayang, Pesisir Selatan, semoga bermanfaat.

0 comments