Khasiat Kopi Kecantikan – Toko Pembuat Kopi Di Long Hubung, Mahakam Ulu

Khasiat Kopi Kecantikan – Toko Pembuat Kopi Di Long Hubung, Mahakam Ulu



Khasiat Kopi Kecantikan – Toko Pembuat Kopi Di Long Hubung, Mahakam Ulu - Walaupun kian ramai penikmat kopi yang mengidentifikasi beraneka macam jenis kopi, namun tak sedikit pula yang tampaknya masih tak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimpel itu, akan tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan penuh perihal, dimulai dari jenisnya, kawasan ditanamna, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, walau pun berjenis serupa, citarasa kopi Gayo serta Toraja Sulsel umpamanya, mempunyai aroma dan flavour yang begitu beda.

Tanaman kopi sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta ialah jenis mayoritas yang ada di negeri ini dan digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Namun, apakah anda semua sudah tahu karakteristik dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki struktur batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit akan tetapi menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus apabila ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman juga seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting bila ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pula gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta padat. Tak heran harganya pun jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Tanah Air ialah kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini banyak bermunculan yakni kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Kecantikan – Toko Pembuat Kopi Di Long Hubung, Mahakam Ulu


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi masa ini di beragam bagian dunia, petani menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran produksinya melimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa yang khas, berbeda di tiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh dan kebal hama dan penyakit.

Adapun keistimewaan paling jelas adalah tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi jenis ini nyaris sama. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, tapi sulit ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam satu tahun, perihal ini lantaran ditanam di suhu yang rendah, sehingga bisa cepat panen" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, pula beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah mengetahui dan merasakan bermacam tipe kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya kian banyak kedai kopi yang menyajikan beraneka variasi kopi Arabica.
Walaupun begitu, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah menyambangi tulisan di blog Khasiat Kopi Kecantikan – Toko Pembuat Kopi Di Long Hubung, Mahakam Ulu, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments