Macam Kopi Starbucks – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Telawang, Kotawaringin Timur

Macam Kopi Starbucks – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Telawang, Kotawaringin Timur



Macam Kopi Starbucks – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Telawang, Kotawaringin Timur - Biar kian banyak penikmat kopi yang mengenali beragam tipe kopi, namun tak sedikit pula yang tampaknya masih tidak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimple itu, namun lebih rumit dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan penuh perihal, dimulai dari tipenya, area perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan bijinya. Itu sebabnya, walaupun berjenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja umpamanya, menyandang aroma serta cita rasa yang berlainan.

Biji kopi sendiri memiliki verietas yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta adalah verietas terbesar yang terdapat di tanah air serta dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Akan tetapi, apakah kalian semua pernah mengetahui karakter dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, memiliki struktur bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit tapi mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan pun seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena hama karat daun terutama jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap panen juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki aroma yang wangi seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tidak heran kualitasnya pula lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Tanah Air yakni kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini banyak muncul adalah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Macam Kopi Starbucks – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Telawang, Kotawaringin Timur


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun sekarang di bermacam belahan bumi, petani menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa khas, berlainan di tiap-tiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh juga resistan penyakit dan hama.

Adapun ciri khas paling jelas ialah tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi jenis ini hampir sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, tapi susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam setahun, perihal ini lantaran ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Indonesia antara lain Lampung, juga sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang sudah memahami dan merasakan beraneka veretas kopi, bakal lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya kian ramai Coffee shop yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabika.
Walaupun demikian, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi informasi di web Macam Kopi Starbucks – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Telawang, Kotawaringin Timur, semoga berpengaruh.

0 comments