Membuat Kopi Susu Kental – Kios Pembuat Kopi di Bakam, Bangka

Membuat Kopi Susu Kental – Kios Pembuat Kopi di Bakam, Bangka



Membuat Kopi Susu Kental – Kios Pembuat Kopi di Bakam, Bangka - Meski semakin berlimpah penikmat kopi yang menandai berbagai jenis kopi, tapi gak sedikit pula yang tampaknya masih tak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, tutur sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesederhana itu, namun lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, dimulai dari tipenya, area perkebunannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, walau pun dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo dan Tana Toraja contohnya, mempunyai aroma serta flavour yang berlainan.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang verietas yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta ialah verietas mayoritas yang terdapat di tanah air serta digunakan di beberapa kedai kopi.

Tapi, apakah kamu semua pernah paham karakter dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang struktur butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit akan tetapi mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan juga seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian juga tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang aroma yang sedap kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tidak heran harganya pun lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Nusantara yakni Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini ramai timbul yaitu kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Membuat Kopi Susu Kental – Kios Pembuat Kopi di Bakam, Bangka


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi sekarang di berbagai belahan bumi, orang menanam lalu mengembangkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa yang spesial, berbeda di tiap-tiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh serta resistan penyakit dan hama.

Adapun ciri khas paling gamblang adalah taraf kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi tipe ini hampir sama. Memang ada juga kopi robusta yang enak, akan tetapi susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini lantaran ditanam di hawa rendah, sehingga bisa cepat panen" kata Iwan.

Sebagian daerah yang ternama dengan kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, pula sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah mengenal dan merasakan bermacam tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya makin ramai warung kopi yang menyajikan beragam variasi kopi Arabika.
Meski begitu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi artikel di halaman Membuat Kopi Susu Kental – Kios Pembuat Kopi di Bakam, Bangka, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments