Manfaat Kopi Hijau – Kios Mesin Coffee Maker Di Katapang, Bandung

Manfaat Kopi Hijau – Kios Mesin Coffee Maker Di Katapang, Bandung


Manfaat Kopi Hijau – Kios Mesin Coffee Maker Di Katapang, Bandung - Biar kian banyak pecinta kopi yang mengidentifikasi beragam jenis kopi, tetapi tidak sedikit pula yang nyatanya masih tidak mengenal perbedaan kopi arabika dan robusta. yang jelas pahit, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimpel itu, namun lebih komplek serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, mulai dari varietasnya, daerah perkebunannya, lingkungan kanan-kirinya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, meski pun dengan jenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo dengan Tana Toraja umpamanya, memiliki aroma serta citarasa yang begitu beda.

Kopi sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta ialah jenis mayoritas yang terdapat di tanah air serta dipakai di sebagian besar warung kopi.

Tapi, apakah kalian semua sudah tahu keunikan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai wujud biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit tetapi mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun semestinya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena hama karat daun terpenting jika ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang aroma yang harum kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tak heran kualitasnya pun lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Nusantara yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini banyak bermunculan ialah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Manfaat Kopi Hijau – Kios Mesin Coffee Maker Di Katapang, Bandung


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi masa ini di berbagai belahan dunia, orang menanam serta menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karena memiliki cita rasa spesial, berlainan di tiap-tiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M MDPL dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat dan kebal hama & penyakit.

Adapun ciri khas setidaknya eksplisit adalah tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi macam ini nyaris serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, akan tetapi sulit ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini sebab ditanam di hawa rendah, sehingga dapat cepat panen" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, pula beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah memahami dan merasakan beragam jenis kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya kian banyak kafe yang menyuguhkan beraneka variasi kopi Arabica.
Walaupun begitu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah membaca risalah dalam blog Manfaat Kopi Hijau – Kios Mesin Coffee Maker Di Katapang, Bandung, semoga berguna.

0 comments