Khasiat Kopi Radix Hpa Malaysia – Toko Pembuat Kopi di Kedawung, Cirebon

Khasiat Kopi Radix Hpa Malaysia – Toko Pembuat Kopi di Kedawung, Cirebon



Khasiat Kopi Radix Hpa Malaysia – Toko Pembuat Kopi di Kedawung, Cirebon - Biar kian banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi beraneka macam tipe kopi, tapi tak sedikit pula yang nyatanya masih tidak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimpel itu, tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan penuh perihal, dari tipenya, lokasi perkebunannya, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, kendati dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja misalnya, mempunyai aroma dan flavour yang berlainan.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta adalah jenis terbesar yang terdapat di tanah air dan digunakan di beberapa warung kopi.

Tapi, apakah kalian semua sudah tahu karakteristik dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki struktur batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit namun menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Suhu di lahan kopi pun sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama kalau ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian juga tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki aroma yang harum kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tidak heran harganya juga lebih mahal dibandingkan jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Tanah Air yaitu Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini banyak timbul ialah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Radix Hpa Malaysia – Toko Pembuat Kopi di Kedawung, Cirebon


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi saat ini di beragam belahan dunia, petani menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran produksinya melimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna memiliki cita rasa khas, berbeda di setiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 M MDPL dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat serta tahan hama.

Adapun ciri khusus setidaknya jelas yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi jenis ini nyaris sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, tapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini lantaran ditanam di temperatur udara rendah, maka dapat cepat panen" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang ternama dengan kopi robustanya di Negeri ini antara lain Lampung, pun beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang sudah mengenal dan merasakan berbagai jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak kedai kopi yang menyajikan beraneka varian kopi Arabica.
Meski seperti itu, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi risalah di blog Khasiat Kopi Radix Hpa Malaysia – Toko Pembuat Kopi di Kedawung, Cirebon, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments