Meracik Kopi Kapal Api – Online Shop Coffee Maker Di Sungkai Jaya, Lampung Utara

Meracik Kopi Kapal Api – Online Shop Coffee Maker Di Sungkai Jaya, Lampung Utara



Meracik Kopi Kapal Api – Online Shop Coffee Maker Di Sungkai Jaya, Lampung Utara - Meski makin ramai pecinta kopi yang menandai bermacam jenis kopi, tapi gak sedikit pula yang ternyata masih tidak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimpel itu, namun lebih komplek dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan penuh perihal, dari varietasnya, kawasan ditanamna, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, meski berjenis sama, cita rasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja misalnya, menyandang aroma dan citarasa yang berlainan.

Biji kopi tu sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta ialah verietas mayoritas yang terdapat di negeri ini serta dipakai di beberapa coffee shop.

Tetapi, apakah anda semua telah paham keistimewaan dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai bentuk butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit tetapi mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan juga semestinya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama bila ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tak heran mutunya pula lebih mahal dibandingkan tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Negeri ini ialah Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini ramai timbul adalah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Meracik Kopi Kapal Api – Online Shop Coffee Maker Di Sungkai Jaya, Lampung Utara


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi sekarang di beragam belahan bumi, petani menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karena memiliki cita rasa yang spesial, berbeda di setiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat juga resistan hama.

Adapun kekhasan setidaknya menonjol yaitu tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi varietas ini nyaris sama. Memang ada pula kopi robusta yang enak, tetapi susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam setahun, kondisi ini lantaran ditanam di temperatur udara yang rendah, maka dapat cepat panen" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Indonesia ialah Lampung, pula sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah mengenal dan merasakan beraneka veretas kopi, bakal lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya kian ramai warung kopi yang menyajikan berbagai varian kopi Arabica.
Kendati demikian, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi informasi di halaman Meracik Kopi Kapal Api – Online Shop Coffee Maker Di Sungkai Jaya, Lampung Utara, moga-moga ada gunanya.

0 comments