Cara Membuat Kopi Tubruk Nikmat – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Tanjung Palas Tengah, Bulungan

Cara Membuat Kopi Tubruk Nikmat – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Tanjung Palas Tengah, Bulungan


Cara Membuat Kopi Tubruk Nikmat – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Tanjung Palas Tengah, Bulungan - Biar semakin berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi berbagai tipe kopi, tapi tak sedikit juga yang tampaknya masih tak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimpel itu, tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, mulai tipenya, kawasan perkebunannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, walaupun berjenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja misalnya, menyandang aroma serta cita rasa yang begitu berbeda.

Biji kopi sendiri menyandang jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta merupakan verietas terbesar yang ada di tanah air serta digunakan di beberapa coffee shop.

Akan tetapi, apakah kalian semua sudah mengetahui keunikan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai wujud butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit tapi memiliki peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus bila ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap panen pun tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tidak heran mutunya pun lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Tanah Air adalah Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai bermunculan ialah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Cara Membuat Kopi Tubruk Nikmat – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Tanjung Palas Tengah, Bulungan


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi sekarang di berbagai bagian dunia, orang menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karena menyandang cita rasa spesial, berlainan di setiap kawasan tanam" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M MDPL dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh juga kebal penyakit dan hama.

Adapun ciri khusus setidaknya kentara adalah peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi jenis ini hampir serupa. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, tetapi sukar didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam satu tahun, hal ini karena ditanam di suhu yang rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian kawasan yang ternama dengan kopi robustanya di Indonesia adalah Lampung, pun sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang telah memahami serta merasakan berbagai veretas kopi, bakal lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak kafe yang menyediakan berbagai varian kopi Arabika.
Kendati seperti itu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah mengunjungi informasi dalam web Cara Membuat Kopi Tubruk Nikmat – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Tanjung Palas Tengah, Bulungan, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments