Cara Membuat Kopi Tubruk Yang Benar – Jual Pembuat Kopi di Muara Padang, Banyuasin

Cara Membuat Kopi Tubruk Yang Benar – Jual Pembuat Kopi di Muara Padang, Banyuasin


Cara Membuat Kopi Tubruk Yang Benar – Jual Pembuat Kopi di Muara Padang, Banyuasin - Kendati makin ramai pecinta kopi yang mengenali beragam tipe kopi, namun tidak sedikit juga yang tampaknya masih tidak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimple itu, akan tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan penuh perihal, mulai dari jenisnya, area peraniannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, biar pun dengan jenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja Sulsel misalnya, memiliki aroma dan cita rasa yang begitu berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di negeri ini serta dipakai di sebagian besar coffee shop.

Tapi, apakah kalian semua sudah paham karakteristik dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki bentuk butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit tetapi mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus jika ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi juga semestinya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki aroma yang sedap semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tak heran harganya pula jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Negeri ini yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang banyak muncul adalah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Cara Membuat Kopi Tubruk Yang Benar – Jual Pembuat Kopi di Muara Padang, Banyuasin


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi kini di beragam belahan dunia, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran produksinya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karena menyandang cita rasa yang spesial, berlainan di tiap kawasan tanam" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter MDPL dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat dan tahan penyakit & hama.

Adapun kekhasan setidaknya kentara ialah peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi tipe ini nyaris sama. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, namun sukar didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam satu tahun, hal ini karena ditanam di hawa yang rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama oleh kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, pula beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang sudah mengetahui dan merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin ramai warung kopi yang menyediakan berbagai varian kopi Arabica.
Meski begitu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi informasi dalam blog Cara Membuat Kopi Tubruk Yang Benar – Jual Pembuat Kopi di Muara Padang, Banyuasin, moga-moga ada gunanya.

0 comments