Cara Meracik Kopi Ala Kafe – Jual Coffee Maker di Kasembon, Malang

Cara Meracik Kopi Ala Kafe – Jual Coffee Maker di Kasembon, Malang



Cara Meracik Kopi Ala Kafe – Jual Coffee Maker di Kasembon, Malang - Biar kian berlimpah pecinta kopi yang menandai berbagai jenis kopi, tapi gak sedikit pula yang ternyata masih tak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesederhana itu, tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan banyak hal, mulai jenisnya, daerah perkebunannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan bijinya. Karena sebab itu, walau pun berjenis sama, citarasa kopi wilayah Gayo dan Toraja umpamanya, memiliki aroma serta cita rasa yang berlainan.

Biji kopi tu sendiri memiliki jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta adalah verietas terbesar yang terdapat di negeri ini serta digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua pernah mengerti karakteristik dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, menyandang struktur butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit tapi mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Suhu di perkebunan pun seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tak heran mutunya pula lebih mahal dibandingkan jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Negeri ini yakni Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini banyak timbul yakni kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Cara Meracik Kopi Ala Kafe – Jual Coffee Maker di Kasembon, Malang


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi saat ini di bermacam belahan bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa khas, berlainan di setiap kawasan tanam" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat serta tahan penyakit dan hama.

Adapun keunikan setidaknya mencolok adalah tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi tipe ini nyaris sama. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, tetapi susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam satu tahun, kondisi ini karena ditanam di hawa rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, juga sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah memahami serta merasakan beragam veretas kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya kian ramai kafe yang menyediakan beraneka variasi kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca informasi di website Cara Meracik Kopi Ala Kafe – Jual Coffee Maker di Kasembon, Malang, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments