Cara Meracik Kopi Kapal Api Yang Nikmat – Penjual Mesin Coffee Maker di Pinding, Gayo Lues

Cara Meracik Kopi Kapal Api Yang Nikmat – Penjual Mesin Coffee Maker di Pinding, Gayo Lues



Cara Meracik Kopi Kapal Api Yang Nikmat – Penjual Mesin Coffee Maker di Pinding, Gayo Lues - Biar semakin ramai penikmat kopi yang mengenali berbagai tipe kopi, tapi gak sedikit juga yang tampaknya masih gak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimpel itu, tapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan penuh perihal, mulai jenisnya, area peraniannya, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, walau pun berjenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh serta Tana Toraja umpamanya, memiliki aroma serta citarasa yang berlainan.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta adalah jenis terbesar yang terdapat di negeri ini dan digunakan di beberapa kedai kopi.

Namun, apakah anda semua telah mengetahui keistimewaan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang bentuk batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit tapi menyandang taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi pun seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang hama karat daun terutama jika ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tidak heran harganya pun lebih mahal dibanding jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Negeri ini ialah Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini banyak timbul adalah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Cara Meracik Kopi Kapal Api Yang Nikmat – Penjual Mesin Coffee Maker di Pinding, Gayo Lues


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun sekarang di beragam bagian bumi, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karena menyandang cita rasa spesial, berlainan di tiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat juga resistan penyakit.

Adapun ciri khas paling gamblang yakni peringkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi macam ini hampir sama. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, tapi sukar didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam 1 tahun, hal ini lantaran ditanam di temperatur udara rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Indonesia ialah Lampung, pun sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah memahami serta merasakan beragam jenis kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya kian ramai warung kopi yang menyediakan berbagai varian kopi Arabika.
Meski begitu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi artikel di halaman Cara Meracik Kopi Kapal Api Yang Nikmat – Penjual Mesin Coffee Maker di Pinding, Gayo Lues, moga-moga ada gunanya.

0 comments