Cara Meracik Kopi Kapal Api Yg Enak – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Templat:Lagu Boti, Toba Samosr

Cara Meracik Kopi Kapal Api Yg Enak – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Templat:Lagu Boti, Toba Samosr



Cara Meracik Kopi Kapal Api Yg Enak – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Templat:Lagu Boti, Toba Samosr - Walaupun kian ramai penikmat kopi yang mengidentifikasi bermacam jenis kopi, tapi gak sedikit juga yang tampaknya masih tidak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimpel itu, tapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, dari jenisnya, lokasi peraniannya, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, meski pun berjenis sama, cita rasa kopi Gayo Aceh dengan Tana Toraja umpamanya, memiliki aroma dan flavour yang berlainan.

Biji kopi sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta adalah verietas mayoritas yang terdapat di negeri ini serta dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Namun, apakah kalian semua sudah tahu keistimewaan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, memiliki bentuk bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit akan tetapi menyandang taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan juga sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang hama karat daun terutama bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap panen pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tidak heran harganya pula lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Tanah Air ialah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini ramai timbul adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Cara Meracik Kopi Kapal Api Yg Enak – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Templat:Lagu Boti, Toba Samosr


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi masa ini di berbagai belahan dunia, orang menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa spesial, berlainan di tiap-tiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 meter MDPL dengan suhu antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat dan resistan penyakit & hama.

Adapun kekhasan setidaknya menonjol yaitu peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi tipe ini hampir sama. Memang ada juga kopi robusta yang enak, namun sukar didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini karena ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor dengan kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, juga sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah mengetahui serta merasakan beragam tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya semakin ramai warung kopi yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabika.
Walaupun begitu, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah menyambangi tulisan di blog Cara Meracik Kopi Kapal Api Yg Enak – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Templat:Lagu Boti, Toba Samosr, semoga berguna.

0 comments