Khasiat Kopi Hijau Qalam – Penjual Coffee Maker di Kota Kisaran Barat, Asahan

Khasiat Kopi Hijau Qalam – Penjual Coffee Maker di Kota Kisaran Barat, Asahan



Khasiat Kopi Hijau Qalam – Penjual Coffee Maker di Kota Kisaran Barat, Asahan - Meski kian berlimpah penikmat kopi yang mengidentifikasi beragam jenis kopi, tapi tak sedikit juga yang ternyata masih tak mengetahui perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang jelas pahit, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesimpel itu, tapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan penuh perihal, mulai dari jenisnya, kawasan peraniannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, kendati dengan jenis sama, rasa kopi Gayo dan Tana Toraja umpamanya, menyandang aroma serta citarasa yang begitu beda.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta ialah verietas terbesar yang terdapat di Indonesia dan digunakan di beberapa kedai kopi.

Tapi, apakah anda semua sudah paham karakter dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengartikan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai wujud batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit namun memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik kalau ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan pun hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting bila ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pun gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki aroma yang sedap semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tak heran mutunya pun lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Indonesia yakni Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini ramai muncul adalah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Qalam – Penjual Coffee Maker di Kota Kisaran Barat, Asahan


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi sekarang di beragam bagian bumi, petani menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karena memiliki cita rasa spesial, berbeda di tiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 M MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat serta resistan hama.

Adapun keunikan setidaknya gamblang yakni peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi varietas ini hampir serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, tapi susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam 1 tahun, hal ini karena ditanam di suhu yang rendah, maka bisa lekas panen" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Indonesia yaitu Lampung, pun beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah mengetahui dan merasakan berbagai tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya makin ramai kafe yang menyuguhkan beragam varian kopi Arabica.
Walaupun begitu, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah membaca artikel di website Khasiat Kopi Hijau Qalam – Penjual Coffee Maker di Kota Kisaran Barat, Asahan, mudah-mudahan berguna.

0 comments