Jenis Kopi Arabika – Online Shop Mesin Coffee Maker di Lintau Buo, Tanah Datar

Jenis Kopi Arabika – Online Shop Mesin Coffee Maker di Lintau Buo, Tanah Datar


Jenis Kopi Arabika – Online Shop Mesin Coffee Maker di Lintau Buo, Tanah Datar - Meski makin banyak pecinta kopi yang mengidentifikasi beraneka macam jenis kopi, tetapi tak sedikit pula yang ternyata masih tidak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, ujar beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimpel itu, akan tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan penuh perihal, mulai varietasnya, daerah peraniannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji kopinya. Karena itu, biar pun berjenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh serta Toraja Sulsel umpamanya, menyandang aroma serta citarasa yang berlainan.

Tanaman kopi sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta adalah verietas terbesar yang ada di Indonesia serta dipakai di beberapa warkop.

Namun, apakah anda semua sudah mengerti karakter dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menjelaskan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, memiliki struktur batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit akan tetapi memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus bila ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan juga hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena hama karat daun terutama seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai aroma yang harum kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tidak heran kualitasnya pula lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Indonesia ialah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang ramai muncul yaitu kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Arabika – Online Shop Mesin Coffee Maker di Lintau Buo, Tanah Datar


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, namun saat ini di bermacam belahan dunia, petani menanam dan mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa spesial, berlainan di tiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 M MDPL dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh juga resistan penyakit & hama.

Adapun ciri khusus setidaknya kentara yaitu taraf kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi tipe ini hampir sama. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, namun sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam 1 tahun, perihal ini lantaran ditanam di suhu rendah, maka dapat lekas pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, pula sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah memahami serta merasakan beragam tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya semakin ramai kedai kopi yang menyajikan beraneka varian kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca informasi di blog Jenis Kopi Arabika – Online Shop Mesin Coffee Maker di Lintau Buo, Tanah Datar, moga-moga ada gunanya.

0 comments