Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Onlineshop Pembuat Kopi Di Lemahsugih, Majalengka

Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Onlineshop Pembuat Kopi Di Lemahsugih, Majalengka


Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Onlineshop Pembuat Kopi Di Lemahsugih, Majalengka - Biar kian ramai pecinta kopi yang menandai berbagai jenis kopi, tetapi tidak sedikit pula yang nyatanya masih tak mengetahui perbedaan kopi arabika dan robusta. yang jelas pait, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesederhana itu, tapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan penuh perihal, mulai varietasnya, tempat perkebunannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, walaupun dengan jenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja Sulsel misalnya, memiliki aroma serta cita rasa yang berlainan.

Biji kopi sendiri mempunyai jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta adalah jenis terbesar yang terdapat di negeri ini serta digunakan di sebagian besar warung kopi.

Tapi, apakah kamu semua pernah mengetahui kekhasan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki rupa biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit akan tetapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik kalau ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi juga hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang bebauan yang sedap kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tak heran nilainya pun lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Tanah Air yaitu kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang banyak muncul yakni kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Onlineshop Pembuat Kopi Di Lemahsugih, Majalengka


Kopi Arabika dulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi kini di berbagai belahan bumi, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa spesial, berbeda di tiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 M MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat juga tahan hama dan penyakit.

Adapun keunikan paling mencolok yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi varietas ini nyaris sama. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, akan tetapi susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam setahun, hal ini lantaran ditanam di suhu rendah, sehingga bisa cepat panen" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama dengan kopi robustanya di Indonesia yakni Lampung, pun sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang sudah memahami serta merasakan beragam jenis kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya semakin banyak warung kopi yang menyajikan beraneka varian kopi Arabica.
Kendati seperti itu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah membaca informasi di website Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Onlineshop Pembuat Kopi Di Lemahsugih, Majalengka, semoga berpengaruh.

0 comments