Jenis Kopi Yang Baik Untuk Diet – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Batu Aji, Batam

Jenis Kopi Yang Baik Untuk Diet – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Batu Aji, Batam


Jenis Kopi Yang Baik Untuk Diet – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Batu Aji, Batam - Biar semakin banyak pecinta kopi yang mengenali beragam tipe kopi, tapi gak sedikit juga yang nyatanya masih tidak memahami perbedaan kopi arabika dan robusta. yang terpenting pahit, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimple itu, namun lebih komplek serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan penuh perihal, dimulai dari tipenya, daerah peraniannya, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, meski pun berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo dan Tana Toraja misalnya, menyandang aroma serta cita rasa yang begitu berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta merupakan verietas terbesar yang terdapat di negeri ini serta dipakai di sebagian besar warkop.

Tapi, apakah kalian semua telah tahu karakter dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, menyandang tatanan biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit namun menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus jika ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi pun hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian juga tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai aroma yang sedap semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tak heran nilainya pun lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Indonesia adalah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini ramai timbul adalah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Yang Baik Untuk Diet – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Batu Aji, Batam


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi sekarang di bermacam belahan dunia, orang menanam serta menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa spesial, berlainan di tiap-tiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat juga tahan hama.

Adapun ciri khusus paling kentara yaitu peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi macam ini hampir sama. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, namun sukar didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, kondisi ini lantaran ditanam di temperatur udara rendah, sehingga bisa cepat panen" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, pun beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah memahami dan merasakan berbagai tipe kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya semakin ramai kafe yang menyuguhkan beragam variasi kopi Arabica.
Walaupun seperti itu, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah menyambangi tulisan di blog Jenis Kopi Yang Baik Untuk Diet – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Batu Aji, Batam, semoga ada manfaatnya.

0 comments