Jenis Menu Kopi Starbucks – Toko Mesin Coffee Maker Di Simpang Katis, Bangka Tengah

Jenis Menu Kopi Starbucks – Toko Mesin Coffee Maker Di Simpang Katis, Bangka Tengah


Jenis Menu Kopi Starbucks – Toko Mesin Coffee Maker Di Simpang Katis, Bangka Tengah - Meski makin banyak penikmat kopi yang mengenali beragam jenis kopi, tetapi tak sedikit pula yang tampaknya masih tidak mengetahui perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pahit, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimple itu, akan tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan penuh perihal, dari jenisnya, tempat penanamannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, walau pun berjenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo dengan Tana Toraja contohnya, memiliki aroma serta cita rasa yang berlainan.

Biji kopi sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta merupakan jenis terbesar yang ada di Indonesia serta dipakai di beberapa warkop.

Tapi, apakah anda semua sudah mengetahui karakteristik dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menjelaskan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, menyandang tatanan biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit akan tetapi mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus bila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan pun sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena hama karat daun terutama seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian juga gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki aroma yang sedap kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tak heran kualitasnya pun lebih mahal dibanding jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Nusantara adalah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini banyak muncul yaitu kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Jenis Menu Kopi Starbucks – Toko Mesin Coffee Maker Di Simpang Katis, Bangka Tengah


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi kini di beragam bagian dunia, orang menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa yang spesial, berlainan di tiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 meter MDPL dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh juga resistan hama dan penyakit.

Adapun ciri khusus paling jelas yakni taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi varietas ini nyaris sama. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, namun susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam 1 tahun, perihal ini lantaran ditanam di suhu rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Negeri ini yakni Lampung, juga sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah mengenal serta merasakan beragam veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya semakin banyak kedai kopi yang menyuguhkan beraneka variasi kopi Arabica.
Kendati seperti itu, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi tulisan di web Jenis Menu Kopi Starbucks – Toko Mesin Coffee Maker Di Simpang Katis, Bangka Tengah, semoga bermakna.

0 comments