Membuat Kopi Dengan Moka Pot – Penjual Mesin Coffee Maker Di Mekakau Ilir, OKU Selatan

Membuat Kopi Dengan Moka Pot – Penjual Mesin Coffee Maker Di Mekakau Ilir, OKU Selatan


Membuat Kopi Dengan Moka Pot – Penjual Mesin Coffee Maker Di Mekakau Ilir, OKU Selatan - Biar kian berlimpah penikmat kopi yang mengenali bermacam tipe kopi, tapi tak sedikit juga yang tampaknya masih tak memahami perbedaan kopi arabika dan robusta. yang terpenting pahit, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimple itu, akan tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, mulai varietasnya, daerah peraniannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, walaupun dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja misalnya, mempunyai aroma dan flavour yang begitu berbeda.

Kopi sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta adalah verietas terbesar yang ada di Indonesia dan dipakai di beberapa kedai kopi.

Tapi, apakah kalian semua telah tahu keistimewaan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki wujud batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit akan tetapi mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terutama kalau ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang bebauan yang harum serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tidak heran kualitasnya pula jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Indonesia adalah Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini banyak bermunculan adalah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Membuat Kopi Dengan Moka Pot – Penjual Mesin Coffee Maker Di Mekakau Ilir, OKU Selatan


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi saat ini di berbagai bagian dunia, orang menanam serta menumbuhkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa spesial, berlainan di tiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh dan tahan hama & penyakit.

Adapun ciri khas setidaknya kentara ialah peringkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi jenis ini nyaris sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, namun susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam setahun, perihal ini karena ditanam di temperatur udara yang rendah, maka bisa lekas pemanenan" kata Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, juga sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah memahami serta merasakan berbagai jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya semakin banyak Coffee shop yang menyajikan beragam variasi kopi Arabica.
Kendati begitu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah membaca informasi di website Membuat Kopi Dengan Moka Pot – Penjual Mesin Coffee Maker Di Mekakau Ilir, OKU Selatan, moga-moga ada manfaatnya.

0 comments