Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia – Online Shop Mesin Coffee Maker di Rimbo Tengah, Bungo

Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia – Online Shop Mesin Coffee Maker di Rimbo Tengah, Bungo



Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia – Online Shop Mesin Coffee Maker di Rimbo Tengah, Bungo - Biar makin banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi berbagai jenis kopi, namun tidak sedikit pula yang ternyata masih gak mengerti perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang penting pait, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesederhana itu, tapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan penuh perihal, dari varietasnya, lokasi penanamannya, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan bijinya. Itu sebabnya, walau pun dengan jenis sama, citarasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja misalnya, mempunyai aroma dan flavour yang berlainan.

Kopi sendiri menyandang jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta ialah jenis terbesar yang ada di negeri ini dan dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua pernah mengerti karakter dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, menyandang bentuk biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit akan tetapi memiliki taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Suhu di perkebunan juga hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang hama karat daun terutama apabila ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang aroma yang sedap seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tidak heran mutunya pula jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Negeri ini yaitu Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini ramai bermunculan yakni kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia – Online Shop Mesin Coffee Maker di Rimbo Tengah, Bungo


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi sekarang di bermacam belahan bumi, orang menanam serta menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karna memiliki cita rasa yang istimewa, berlainan di setiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat serta tahan hama & penyakit.

Adapun ciri khas paling eksplisit adalah tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi jenis ini nyaris sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, tapi sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam 1 tahun, hal ini lantaran ditanam di suhu yang rendah, maka dapat cepat panen" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Indonesia yaitu Lampung, juga beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang pernah mengetahui dan merasakan berbagai jenis kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya kian ramai Coffee shop yang menyuguhkan berbagai variasi kopi Arabika.
Kendati begitu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi informasi di blog Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia – Online Shop Mesin Coffee Maker di Rimbo Tengah, Bungo, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments