Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia – Toko Online Coffee Maker Di Tetap, Kaur

Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia – Toko Online Coffee Maker Di Tetap, Kaur



Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia – Toko Online Coffee Maker Di Tetap, Kaur - Walaupun semakin berlimpah pecinta kopi yang menandai berbagai jenis kopi, akan tetapi gak sedikit pula yang ternyata masih tidak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesederhana itu, namun lebih rumit serta kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan penuh perihal, mulai dari varietasnya, kawasan peraniannya, lingkungan kanan-kirinya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, biar pun dengan jenis sama, cita rasa kopi Gayo Aceh serta Toraja misalnya, mempunyai aroma serta cita rasa yang berlainan.

Tanaman kopi sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta adalah jenis terbesar yang terdapat di Indonesia dan digunakan di beberapa coffee shop.

Akan tetapi, apakah anda semua sudah paham ke-khas-an dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menjelaskan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki struktur biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit namun mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di lokasi penanaman juga sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terserang hama karat daun terpenting kalau ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pula gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang bebauan yang harum serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tidak heran nilainya pula jauh lebih mahal dibanding tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Indonesia adalah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini banyak muncul ialah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia – Toko Online Coffee Maker Di Tetap, Kaur


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun masa ini di bermacam bagian bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karna memiliki cita rasa khas, berbeda di tiap-tiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 meter MDPL dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh juga tahan hama.

Adapun ciri khusus paling gamblang adalah tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi tipe ini nyaris sama. Memang ada pula kopi robusta yang enak, tetapi susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini sebab ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama oleh kopi robustanya di Indonesia adalah Lampung, juga sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah memahami dan merasakan bermacam jenis kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak warung kopi yang menyuguhkan bermacam varian kopi Arabica.
Walaupun seperti itu, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi informasi dalam website Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia – Toko Online Coffee Maker Di Tetap, Kaur, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments