Khasiat Kopi Rerama Pracampuran – Penjual Pembuat Kopi di Mersam, Batanghari

Khasiat Kopi Rerama Pracampuran – Penjual Pembuat Kopi di Mersam, Batanghari


Khasiat Kopi Rerama Pracampuran – Penjual Pembuat Kopi di Mersam, Batanghari - Walaupun makin berlimpah penikmat kopi yang menandai berbagai jenis kopi, namun gak sedikit juga yang tampaknya masih tak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesimpel itu, namun lebih komplek serta kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, dari kelasnya, kawasan peraniannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan biji kopinya. Karena itu, walaupun berjenis serupa, rasa kopi Gayo dengan Toraja Sulsel umpamanya, menyandang aroma dan citarasa yang berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan verietas terbesar yang terdapat di tanah air serta dipakai di sebagian besar warung kopi.

Tetapi, apakah kalian semua telah tahu ke-khas-an dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, menyandang wujud butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit namun mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting apabila ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai aroma yang sedap serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tak heran mutunya pun jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Nusantara yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini banyak timbul yakni kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Khasiat Kopi Rerama Pracampuran – Penjual Pembuat Kopi di Mersam, Batanghari


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi sekarang di bermacam belahan bumi, petani menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karena menyandang cita rasa istimewa, berbeda di tiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh juga kebal hama.

Adapun keunikan setidaknya gamblang adalah peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi jenis ini hampir sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, akan tetapi susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini karena ditanam di hawa yang rendah, maka dapat lekas panen" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, juga beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah mengenal dan merasakan beraneka veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya makin banyak warung kopi yang menyediakan berbagai varian kopi Arabica.
Kendati begitu, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca informasi di website Khasiat Kopi Rerama Pracampuran – Penjual Pembuat Kopi di Mersam, Batanghari, mudah-mudahan bermakna.

0 comments