Khasiat Kopi Pahit Bagi Tubuh – Toko Pembuat Kopi di Tanjung Lubuk, OKI

Khasiat Kopi Pahit Bagi Tubuh – Toko Pembuat Kopi di Tanjung Lubuk, OKI


Khasiat Kopi Pahit Bagi Tubuh – Toko Pembuat Kopi di Tanjung Lubuk, OKI - Kendati semakin berlimpah penikmat kopi yang mengidentifikasi beraneka macam jenis kopi, tapi tak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengerti perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang jelas pait, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimpel itu, namun lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan penuh perihal, mulai tipenya, kawasan penanamannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, meski pun berjenis sama, citarasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja Sulsel contohnya, menyandang aroma serta cita rasa yang berlainan.

Tanaman kopi sendiri mempunyai jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta ialah verietas mayoritas yang terdapat di Indonesia serta dipakai di sebagian besar coffee shop.

Akan tetapi, apakah kalian semua telah mengerti keistimewaan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menggambarkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki tatanan batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit namun menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Suhu di lokasi penanaman pun hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang hama karat daun terutama jika ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai aroma yang harum kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tak heran nilainya pun lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Nusantara yakni Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai timbul ialah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Pahit Bagi Tubuh – Toko Pembuat Kopi di Tanjung Lubuk, OKI


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi masa ini di bermacam bagian dunia, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karna menyandang cita rasa yang khas, berbeda di setiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat serta tahan hama dan penyakit.

Adapun ciri khas setidaknya menonjol yakni taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi tipe ini hampir serupa. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, tapi susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam setahun, hal ini sebab ditanam di suhu yang rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, pula beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah mengetahui dan merasakan beraneka tipe kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya makin banyak kedai kopi yang menyajikan beraneka varian kopi Arabika.
Meski seperti itu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi informasi dalam blog Khasiat Kopi Pahit Bagi Tubuh – Toko Pembuat Kopi di Tanjung Lubuk, OKI, mudah-mudahan berguna.

0 comments