Manfaat Kopi Hitam Bagi Tubuh – Online Shop Mesin Coffee Maker di Wonodadi, Blitar

Manfaat Kopi Hitam Bagi Tubuh – Online Shop Mesin Coffee Maker di Wonodadi, Blitar



Manfaat Kopi Hitam Bagi Tubuh – Online Shop Mesin Coffee Maker di Wonodadi, Blitar - Walaupun makin banyak penikmat kopi yang menandai beraneka macam jenis kopi, namun tidak sedikit juga yang ternyata masih tidak memahami perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pait, kata beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesederhana itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, dimulai dari varietasnya, kawasan perkebunannya, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan bijinya. Karena sebab itu, kendati berjenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja umpamanya, memiliki aroma serta flavour yang berlainan.

Kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta adalah verietas terbesar yang terdapat di tanah air serta dipakai di sebagian besar coffee shop.

Tapi, apakah kamu semua pernah tahu keunikan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki bentuk batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit tapi mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi juga sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang hama karat daun terpenting bila ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pun gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang bebauan yang harum semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tak heran harganya pula lebih mahal dibandingkan tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Nusantara yakni Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini banyak timbul ialah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Hitam Bagi Tubuh – Online Shop Mesin Coffee Maker di Wonodadi, Blitar


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi saat ini di berbagai belahan dunia, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa yang khas, berlainan di setiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh serta kebal penyakit.

Adapun keunikan setidaknya gamblang adalah taraf kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi macam ini nyaris serupa. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, namun sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam satu tahun, kondisi ini karena ditanam di hawa yang rendah, maka dapat lekas pemanenan" kata Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, juga sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah memahami dan merasakan beragam tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya kian banyak kafe yang menyajikan beragam varian kopi Arabika.
Kendati seperti itu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah menyambangi informasi di blog Manfaat Kopi Hitam Bagi Tubuh – Online Shop Mesin Coffee Maker di Wonodadi, Blitar, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments