Khasiat Kopi Pahit Untuk Kesehatan – Kios Pembuat Kopi di Rambah, Rokan Hulu

Khasiat Kopi Pahit Untuk Kesehatan – Kios Pembuat Kopi di Rambah, Rokan Hulu


Khasiat Kopi Pahit Untuk Kesehatan – Kios Pembuat Kopi di Rambah, Rokan Hulu - Meski semakin ramai penikmat kopi yang menandai berbagai tipe kopi, tapi gak sedikit juga yang tampaknya masih gak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesimple itu, tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, mulai jenisnya, tempat perkebunannya, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, biar pun dengan jenis sama, citarasa kopi wilayah Gayo serta Toraja Sulsel contohnya, mempunyai aroma serta flavour yang begitu beda.

Tanaman kopi sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta adalah jenis terbesar yang terdapat di Indonesia serta digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Namun, apakah anda semua telah mengerti kekhasan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai tatanan butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit tetapi menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan pun hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena hama karat daun terpenting jika ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pula tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki bebauan yang harum kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tak heran harganya pula jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Negeri ini ialah kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini banyak timbul yaitu kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Pahit Untuk Kesehatan – Kios Pembuat Kopi di Rambah, Rokan Hulu


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi kini di beragam belahan dunia, petani menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa istimewa, berlainan di tiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh juga tahan hama dan penyakit.

Adapun keistimewaan paling jelas yaitu peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi macam ini hampir sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sulit ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam setahun, perihal ini lantaran ditanam di hawa yang rendah, sehingga dapat lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Negeri ini yaitu Lampung, pula sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah mengenal serta merasakan beragam jenis kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya semakin ramai warung kopi yang menyediakan beragam variasi kopi Arabika.
Walaupun begitu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi risalah dalam website Khasiat Kopi Pahit Untuk Kesehatan – Kios Pembuat Kopi di Rambah, Rokan Hulu, moga-moga berguna.

0 comments