Membuat Kopi Susu Nikmat – Jual Pembuat Kopi Di Tanjungsari, Gunung Kidul

Membuat Kopi Susu Nikmat – Jual Pembuat Kopi Di Tanjungsari, Gunung Kidul


Membuat Kopi Susu Nikmat – Jual Pembuat Kopi Di Tanjungsari, Gunung Kidul - Meski semakin banyak pecinta kopi yang mengidentifikasi bermacam tipe kopi, namun tak sedikit juga yang tampaknya masih tak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimple itu, akan tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan banyak hal, mulai dari jenisnya, daerah peraniannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, meski pun berjenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja misalnya, mempunyai aroma serta citarasa yang berlainan.

Kopi sendiri mempunyai verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta adalah jenis terbesar yang ada di tanah air serta digunakan di sebagian besar coffee shop.

Namun, apakah kalian semua sudah tahu karakteristik dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki rupa butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tetapi memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan juga hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terserang hama karat daun terpenting jika ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki aroma yang sedap seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tak heran harganya pula jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Tanah Air ialah Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini ramai timbul yakni kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Membuat Kopi Susu Nikmat – Jual Pembuat Kopi Di Tanjungsari, Gunung Kidul


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi sekarang di berbagai belahan bumi, orang menanam serta mengembangkannya. Tak heran produksinya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa yang khas, berlainan di setiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat juga resistan hama dan penyakit.

Adapun keunikan paling eksplisit yakni peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi varietas ini hampir sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, namun sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, kondisi ini sebab ditanam di hawa yang rendah, maka dapat cepat pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, juga sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah memahami dan merasakan bermacam tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya semakin ramai kedai kopi yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabica.
Walaupun seperti itu, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca artikel di halaman Membuat Kopi Susu Nikmat – Jual Pembuat Kopi Di Tanjungsari, Gunung Kidul, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments