Khasiat Kopi Radix Habbatussauda – Toko Online Pembuat Kopi di Ketungau Hilir, Sintang

Khasiat Kopi Radix Habbatussauda – Toko Online Pembuat Kopi di Ketungau Hilir, Sintang



Khasiat Kopi Radix Habbatussauda – Toko Online Pembuat Kopi di Ketungau Hilir, Sintang - Biar kian banyak pecinta kopi yang mengidentifikasi beraneka macam jenis kopi, tetapi tak sedikit pula yang tampaknya masih gak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, ujar sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesederhana itu, akan tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, mulai dari jenisnya, lokasi penanamannya, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan bijinya. Karena itu, meski dengan jenis sama, rasa kopi wilayah Gayo serta Tana Toraja contohnya, mempunyai aroma dan flavour yang begitu beda.

Biji kopi tu sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta adalah verietas mayoritas yang terdapat di Indonesia serta digunakan di beberapa warkop.

Tetapi, apakah anda semua pernah tahu karakter dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang struktur butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit tapi mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan pun hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang hama karat daun terpenting seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pun gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tak heran harganya juga jauh lebih mahal dibanding jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Indonesia yaitu Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini ramai bermunculan adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Radix Habbatussauda – Toko Online Pembuat Kopi di Ketungau Hilir, Sintang


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, namun sekarang di bermacam bagian bumi, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa khas, berlainan di setiap daerah penanaman" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 M MDPL dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh juga tahan hama.

Adapun keistimewaan setidaknya kentara ialah taraf kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi varietas ini nyaris sama. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, akan tetapi sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini sebab ditanam di suhu yang rendah, maka bisa lekas panen" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Negeri ini antara lain Lampung, pula beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang telah mengenal serta merasakan beraneka jenis kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya semakin ramai kafe yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabika.
Meski begitu, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi risalah dalam blog Khasiat Kopi Radix Habbatussauda – Toko Online Pembuat Kopi di Ketungau Hilir, Sintang, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments