Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Onlineshop Pembuat Kopi Di Empanang, Kapuas Hulu

Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Onlineshop Pembuat Kopi Di Empanang, Kapuas Hulu



Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Onlineshop Pembuat Kopi Di Empanang, Kapuas Hulu - Meski makin berlimpah pecinta kopi yang mengenali berbagai jenis kopi, namun tak sedikit juga yang ternyata masih tak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesederhana itu, tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, mulai tipenya, lokasi penanamannya, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan bijinya. Karena itu, walau pun berjenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja umpamanya, menyandang aroma serta citarasa yang berlainan.

Tanaman kopi sendiri memiliki verietas yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta ialah jenis mayoritas yang ada di Indonesia dan dipakai di beberapa coffee shop.

Tetapi, apakah anda semua pernah mengetahui keistimewaan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai struktur butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit akan tetapi mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik kalau ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Suhu di perkebunan pun sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian juga tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang bebauan yang sedap serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tak heran kualitasnya juga jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Negeri ini adalah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini ramai timbul yaitu kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Onlineshop Pembuat Kopi Di Empanang, Kapuas Hulu


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi masa ini di berbagai belahan dunia, petani menanam dan mengembangkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa spesial, berbeda di setiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh serta kebal hama.

Adapun keunikan setidaknya menonjol adalah peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi tipe ini hampir serupa. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, tapi sulit dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam setahun, hal ini karena ditanam di hawa yang rendah, sehingga bisa cepat panen" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, pula beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah mengetahui dan merasakan beragam jenis kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya kian banyak warung kopi yang menyajikan beraneka varian kopi Arabika.
Walaupun demikian, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi risalah di website Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Onlineshop Pembuat Kopi Di Empanang, Kapuas Hulu, semoga bermakna.

0 comments