Khasiat Minum Kopi Pahit Tanpa Gula – Online Shop Pembuat Kopi di Cisaga, Ciamis

Khasiat Minum Kopi Pahit Tanpa Gula – Online Shop Pembuat Kopi di Cisaga, Ciamis



Khasiat Minum Kopi Pahit Tanpa Gula – Online Shop Pembuat Kopi di Cisaga, Ciamis - Kendati semakin berlimpah penikmat kopi yang menandai bermacam jenis kopi, namun tak sedikit pula yang tampaknya masih gak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesederhana itu, akan tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, dimulai dari tipenya, tempat ditanamna, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan bijinya. Karena sebab itu, walau pun dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh serta Toraja Sulsel umpamanya, memiliki aroma serta citarasa yang berlainan.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta ialah jenis terbesar yang ada di tanah air serta dipakai di beberapa kedai kopi.

Tetapi, apakah kalian semua pernah mengerti ke-khas-an dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai wujud bulir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit tapi memiliki peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus bila ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di perkebunan juga hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen juga gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tidak heran kualitasnya juga lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Indonesia adalah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini banyak timbul yakni kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Khasiat Minum Kopi Pahit Tanpa Gula – Online Shop Pembuat Kopi di Cisaga, Ciamis


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi masa ini di berbagai bagian dunia, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran produksinya melimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karna memiliki cita rasa yang khas, berbeda di setiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 M MDPL dengan temperatur udara antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat juga kebal hama dan penyakit.

Adapun keistimewaan setidaknya kentara ialah tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi varietas ini nyaris sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam setahun, kondisi ini karna ditanam di suhu yang rendah, sehingga bisa lekas panen" kata Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, pun beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah memahami dan merasakan beragam tipe kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin banyak Coffee shop yang menyajikan beragam varian kopi Arabika.
Walaupun begitu, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah membaca risalah dalam halaman Khasiat Minum Kopi Pahit Tanpa Gula – Online Shop Pembuat Kopi di Cisaga, Ciamis, mudah-mudahan bermakna.

0 comments