Macam-Macam Jenis Kopi Arabika – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Mayangan, Probolinggo

Macam-Macam Jenis Kopi Arabika – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Mayangan, Probolinggo



Macam-Macam Jenis Kopi Arabika – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Mayangan, Probolinggo - Walaupun kian berlimpah pecinta kopi yang menandai bermacam tipe kopi, tetapi tidak sedikit pula yang tampaknya masih gak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimpel itu, namun lebih komplek serta kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan penuh perihal, mulai dari tipenya, daerah peraniannya, lingkungan kanan-kirinya, dan pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, meski berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo dan Toraja contohnya, mempunyai aroma dan cita rasa yang begitu beda.

Kopi sendiri menyandang verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta ialah verietas terbesar yang terdapat di negeri ini serta digunakan di beberapa warung kopi.

Tapi, apakah kamu semua pernah mengerti keistimewaan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menjelaskan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, menyandang wujud biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit tetapi menyandang taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di perkebunan pun hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang hama karat daun terpenting bila ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pula gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang aroma yang harum serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta padat. Tak heran kualitasnya pun jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Negeri ini yakni Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang ramai bermunculan yakni kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Macam-Macam Jenis Kopi Arabika – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Mayangan, Probolinggo


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun masa ini di bermacam belahan dunia, petani menanam dan menumbuhkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa yang khas, berbeda di tiap-tiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh juga tahan penyakit.

Adapun ciri khusus setidaknya eksplisit yakni taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi varietas ini hampir sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, akan tetapi susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam setahun, kondisi ini sebab ditanam di hawa yang rendah, maka dapat lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, pun sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah memahami serta merasakan beraneka tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya kian banyak kedai kopi yang menyuguhkan beragam varian kopi Arabica.
Walaupun demikian, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi artikel dalam blog Macam-Macam Jenis Kopi Arabika – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Mayangan, Probolinggo, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments