Manfaat Kopi Pahit – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Brondong, Lamongan

Manfaat Kopi Pahit – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Brondong, Lamongan


Manfaat Kopi Pahit – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Brondong, Lamongan - Biar semakin banyak penikmat kopi yang mengenali beraneka macam jenis kopi, tetapi tidak sedikit pula yang tampaknya masih tak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimpel itu, tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, mulai dari kelasnya, lokasi penanamannya, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan biji kopinya. Karena itu, meski pun dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo dengan Toraja misalnya, mempunyai aroma dan citarasa yang begitu beda.

Tanaman kopi sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta merupakan jenis mayoritas yang ada di Indonesia serta dipakai di beberapa warkop.

Akan tetapi, apakah anda semua telah paham kekhasan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki struktur bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit namun menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Suhu di lahan kopi juga semestinya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pula gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki aroma yang wangi serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tidak heran kualitasnya pula lebih mahal dibanding jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Tanah Air yakni Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini banyak timbul adalah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Pahit – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Brondong, Lamongan


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi saat ini di berbagai bagian dunia, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran produksinya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karena memiliki cita rasa yang spesial, berbeda di setiap kawasan tanam" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat serta kebal penyakit & hama.

Adapun ciri khusus paling mencolok ialah peringkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis sebab rasa kopi jenis ini nyaris sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sukar didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam setahun, kondisi ini karena ditanam di hawa yang rendah, sehingga bisa lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, juga beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah mengetahui serta merasakan beragam jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya kian ramai kafe yang menyuguhkan bermacam variasi kopi Arabica.
Walaupun demikian, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi tulisan dalam halaman Manfaat Kopi Pahit – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Brondong, Lamongan, semoga berpengaruh.

0 comments