Meracik Kopi Hitam – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Long Pahangai, Mahakam Ulu

Meracik Kopi Hitam – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Long Pahangai, Mahakam Ulu


Meracik Kopi Hitam – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Long Pahangai, Mahakam Ulu - Biar semakin banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi beragam tipe kopi, namun gak sedikit pula yang tampaknya masih tidak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimple itu, tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, mulai dari tipenya, daerah perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, meski pun berjenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja misalnya, memiliki aroma serta flavour yang begitu berbeda.

Kopi sendiri memiliki verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta adalah verietas terbesar yang ada di Indonesia dan dipakai di sebagian besar warung kopi.

Tetapi, apakah anda semua pernah paham karakter dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, menyandang tatanan bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit tapi memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga semestinya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terkena hama karat daun terpenting kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang aroma yang wangi kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tak heran harganya juga jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Indonesia adalah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini ramai timbul yakni kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Meracik Kopi Hitam – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Long Pahangai, Mahakam Ulu


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi kini di bermacam belahan bumi, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa yang khas, berlainan di tiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat juga resistan hama dan penyakit.

Adapun ciri khusus paling gamblang yaitu tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi tipe ini hampir sama. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, tetapi sukar didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam setahun, perihal ini karena ditanam di temperatur udara yang rendah, maka dapat lekas pemanenan" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama dengan kopi robustanya di Indonesia adalah Lampung, pula beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah memahami serta merasakan bermacam jenis kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya kian ramai warung kopi yang menyajikan beragam variasi kopi Arabica.
Kendati demikian, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi artikel di blog Meracik Kopi Hitam – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Long Pahangai, Mahakam Ulu, mudah-mudahan berguna.

0 comments