Membuat Kopi Susu Nikmat – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Wonosari, Klaten

Membuat Kopi Susu Nikmat – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Wonosari, Klaten


Membuat Kopi Susu Nikmat – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Wonosari, Klaten - Meski semakin banyak pecinta kopi yang mengidentifikasi beragam jenis kopi, tapi tak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimple itu, akan tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, mulai dari jenisnya, area penanamannya, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan bijinya. Karena itu, biar pun berjenis serupa, rasa kopi Gayo dengan Toraja Sulsel umpamanya, memiliki aroma serta citarasa yang begitu beda.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang verietas yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta adalah verietas terbesar yang terdapat di Indonesia dan digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Akan tetapi, apakah kalian semua sudah mengerti ke-khas-an dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 mengartikan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, menyandang wujud batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit namun memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik kalau ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang hama karat daun terpenting jika ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pun gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang aroma yang wangi kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tidak heran nilainya juga lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Tanah Air yaitu Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini ramai muncul yaitu kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Membuat Kopi Susu Nikmat – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Wonosari, Klaten


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi saat ini di beragam belahan dunia, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karna menyandang cita rasa spesial, berlainan di tiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 M MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat juga resistan penyakit & hama.

Adapun keistimewaan paling mencolok adalah tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi macam ini nyaris sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, tetapi susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam setahun, perihal ini karna ditanam di hawa yang rendah, maka bisa lekas panen" tutur Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Indonesia ialah Lampung, juga sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah memahami serta merasakan beragam jenis kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya makin ramai kedai kopi yang menyuguhkan beraneka variasi kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah menyambangi risalah dalam blog Membuat Kopi Susu Nikmat – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Wonosari, Klaten, semoga ada gunanya.

0 comments