Membuat Scrub Kopi Sendiri – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Pesawaran

Membuat Scrub Kopi Sendiri – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Pesawaran



Membuat Scrub Kopi Sendiri – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Pesawaran - Kendati semakin banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi bermacam jenis kopi, tetapi gak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tak sesederhana itu, tapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, dimulai dari tipenya, area perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan bijinya. Karena sebab itu, meski pun dengan jenis sama, rasa kopi Gayo Aceh serta Tana Toraja umpamanya, mempunyai aroma serta flavour yang begitu beda.

Biji kopi sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan jenis terbesar yang terdapat di Indonesia dan digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Tetapi, apakah kalian semua telah tahu keunikan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai bentuk batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit tetapi menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus bila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi pun sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang aroma yang sedap semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tidak heran kualitasnya pun lebih mahal dibanding jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Nusantara ialah kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai muncul yaitu kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Membuat Scrub Kopi Sendiri – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Pesawaran


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi sekarang di beragam belahan dunia, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna memiliki cita rasa istimewa, berlainan di tiap-tiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh serta tahan hama & penyakit.

Adapun keistimewaan paling jelas adalah peringkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi tipe ini hampir serupa. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, tapi sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam setahun, hal ini karena ditanam di hawa rendah, maka dapat cepat pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, juga beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah mengetahui dan merasakan beraneka tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya semakin ramai kafe yang menyediakan beragam varian kopi Arabika.
Meski demikian, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi risalah dalam halaman Membuat Scrub Kopi Sendiri – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Pesawaran, semoga ada gunanya.

0 comments