Resep Membuat Kopi Tubruk – Kios Coffee Maker Di Tanjung, Tabalong

Resep Membuat Kopi Tubruk – Kios Coffee Maker Di Tanjung, Tabalong



Resep Membuat Kopi Tubruk – Kios Coffee Maker Di Tanjung, Tabalong - Meski kian berlimpah pecinta kopi yang mengenali bermacam jenis kopi, akan tetapi gak sedikit pula yang nyatanya masih gak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, tutur sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimpel itu, akan tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan penuh perihal, mulai dari kelasnya, lokasi perkebunannya, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, meski pun dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo serta Tana Toraja misalnya, memiliki aroma serta flavour yang berlainan.

Kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta merupakan verietas mayoritas yang ada di negeri ini dan digunakan di beberapa kedai kopi.

Akan tetapi, apakah kalian semua telah mengerti karakter dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki rupa batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit tetapi mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi juga seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting apabila ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tak heran mutunya juga jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Tanah Air yakni Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini banyak muncul yakni kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Resep Membuat Kopi Tubruk – Kios Coffee Maker Di Tanjung, Tabalong


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi saat ini di beragam belahan bumi, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran produksinya melimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa yang spesial, berbeda di tiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 meter MDPL dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh dan kebal hama dan penyakit.

Adapun keunikan paling menonjol adalah tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi macam ini hampir sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, namun sulit ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini sebab ditanam di suhu yang rendah, sehingga bisa lekas panen" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama dengan kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, pula sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah memahami serta merasakan bermacam tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya kian banyak Coffee shop yang menyajikan berbagai variasi kopi Arabica.
Walaupun begitu, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah menyambangi informasi di blog Resep Membuat Kopi Tubruk – Kios Coffee Maker Di Tanjung, Tabalong, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments