Takaran Membuat Kopi Yang Enak – Penjual Coffee Maker di Seram Bagian Barat

Takaran Membuat Kopi Yang Enak – Penjual Coffee Maker di Seram Bagian Barat



Takaran Membuat Kopi Yang Enak – Penjual Coffee Maker di Seram Bagian Barat - Biar semakin banyak pecinta kopi yang mengenali beraneka macam jenis kopi, tapi tak sedikit juga yang ternyata masih tidak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi gak sesederhana itu, tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan penuh perihal, mulai tipenya, lokasi penanamannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, meski dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo dengan Tana Toraja contohnya, menyandang aroma serta citarasa yang berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta ialah verietas terbesar yang ada di tanah air serta digunakan di beberapa warung kopi.

Tetapi, apakah anda semua telah tahu kekhasan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menggambarkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai struktur batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit tapi mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan pun seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang hama karat daun terutama apabila ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tidak heran kualitasnya juga lebih mahal dibanding jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Nusantara adalah kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang ramai muncul ialah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Takaran Membuat Kopi Yang Enak – Penjual Coffee Maker di Seram Bagian Barat


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi kini di beragam belahan bumi, orang menanam dan mengembangkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa istimewa, berbeda di setiap kawasan tanam" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat dan tahan penyakit dan hama.

Adapun kekhasan paling jelas ialah taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi varietas ini hampir sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, tapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam satu tahun, kondisi ini sebab ditanam di temperatur udara yang rendah, maka dapat lekas panen" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, pula beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang sudah mengenal serta merasakan berbagai tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya semakin ramai kedai kopi yang menyediakan beragam varian kopi Arabica.
Meski demikian, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi informasi di web Takaran Membuat Kopi Yang Enak – Penjual Coffee Maker di Seram Bagian Barat, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments