Berbagai Jenis Kopi Di Indonesia – Toko Online Pembuat Kopi di Magelang Selatan, Magelang

Berbagai Jenis Kopi Di Indonesia – Toko Online Pembuat Kopi di Magelang Selatan, Magelang



Berbagai Jenis Kopi Di Indonesia – Toko Online Pembuat Kopi di Magelang Selatan, Magelang - Biar makin ramai pecinta kopi yang menandai beraneka macam jenis kopi, tapi tidak sedikit pula yang ternyata masih tak mengetahui perbedaan kopi arabika dan robusta. yang penting pait, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi gak sesederhana itu, namun lebih komplek serta kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, mulai tipenya, kawasan ditanamna, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, walaupun berjenis sama, citarasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja Sulsel contohnya, memiliki aroma dan cita rasa yang begitu beda.

Biji kopi sendiri menyandang verietas yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta ialah jenis terbesar yang terdapat di negeri ini dan dipakai di sebagian besar coffee shop.

Akan tetapi, apakah kamu semua telah mengetahui keunikan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menggambarkan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang struktur biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit akan tetapi memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman juga sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terserang hama karat daun terpenting bila ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pun gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tidak heran harganya pun jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Nusantara adalah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini banyak muncul yaitu kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Berbagai Jenis Kopi Di Indonesia – Toko Online Pembuat Kopi di Magelang Selatan, Magelang


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi saat ini di bermacam bagian dunia, petani menanam dan menumbuhkannya. Tak heran produksinya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa istimewa, berbeda di setiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 M MDPL dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh dan kebal penyakit.

Adapun ciri khas paling mencolok ialah tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi jenis ini hampir sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, tapi susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini karena ditanam di suhu rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" kata Iwan.

Beberapa daerah yang ternama dengan kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, pula beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah mengetahui serta merasakan bermacam jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya makin banyak kedai kopi yang menyajikan beraneka varian kopi Arabica.
Kendati seperti itu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi tulisan dalam web Berbagai Jenis Kopi Di Indonesia – Toko Online Pembuat Kopi di Magelang Selatan, Magelang, moga-moga bermakna.

0 comments