Jenis Bibit Kopi Arabika – Penjual Mesin Coffee Maker di Rumbio Jaya, Kampar

Jenis Bibit Kopi Arabika – Penjual Mesin Coffee Maker di Rumbio Jaya, Kampar



Jenis Bibit Kopi Arabika – Penjual Mesin Coffee Maker di Rumbio Jaya, Kampar - Meski kian berlimpah penikmat kopi yang menandai beraneka macam jenis kopi, tapi tidak sedikit juga yang tampaknya masih tak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesederhana itu, akan tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan penuh perihal, dimulai dari jenisnya, area ditanamna, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, kendati berjenis sama, cita rasa kopi Gayo dan Toraja Sulsel contohnya, mempunyai aroma dan flavour yang berlainan.

Tanaman kopi sendiri mempunyai verietas yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang ada di Indonesia dan digunakan di beberapa warkop.

Tetapi, apakah kalian semua sudah tahu keunikan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menggambarkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki bentuk butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit tapi mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Suhu di kebun kopi pun hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terserang hama karat daun terpenting seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pula tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tak heran nilainya pun lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Tanah Air adalah kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang banyak muncul yakni kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Jenis Bibit Kopi Arabika – Penjual Mesin Coffee Maker di Rumbio Jaya, Kampar


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi masa ini di berbagai belahan dunia, petani menanam dan menumbuhkannya. Tak heran produksinya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa spesial, berbeda di tiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 M MDPL dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat juga kebal penyakit & hama.

Adapun keunikan setidaknya jelas yakni taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi varietas ini nyaris sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, namun susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam satu tahun, kondisi ini karna ditanam di suhu rendah, maka dapat cepat panen" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, juga beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah mengetahui serta merasakan beragam tipe kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya makin banyak warung kopi yang menyuguhkan beragam variasi kopi Arabica.
Walaupun demikian, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca informasi di blog Jenis Bibit Kopi Arabika – Penjual Mesin Coffee Maker di Rumbio Jaya, Kampar, moga-moga bermakna.

0 comments