Macam Produk Kopi Kapal Api – Toko Online Coffee Maker Di Pemulutan, Ogan Ilir

Macam Produk Kopi Kapal Api – Toko Online Coffee Maker Di Pemulutan, Ogan Ilir


Macam Produk Kopi Kapal Api – Toko Online Coffee Maker Di Pemulutan, Ogan Ilir - Biar kian banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi berbagai tipe kopi, tetapi tidak sedikit juga yang tampaknya masih tidak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimple itu, akan tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan penuh perihal, dari tipenya, tempat ditanamna, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan bijinya. Karena sebab itu, meski dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo serta Toraja umpamanya, memiliki aroma serta flavour yang berlainan.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta adalah jenis terbesar yang ada di Indonesia serta digunakan di beberapa coffee shop.

Tetapi, apakah kalian semua telah mengerti keistimewaan dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai bentuk bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit akan tetapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di lahan kopi juga semestinya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama jika ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai aroma yang harum seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tidak heran nilainya juga jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Tanah Air adalah Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini banyak muncul ialah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Macam Produk Kopi Kapal Api – Toko Online Coffee Maker Di Pemulutan, Ogan Ilir


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun masa ini di bermacam belahan dunia, orang menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karna menyandang cita rasa yang spesial, berbeda di tiap-tiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 M MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh dan tahan hama dan penyakit.

Adapun ciri khusus paling gamblang ialah peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi macam ini hampir sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang enak, akan tetapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini lantaran ditanam di suhu yang rendah, sehingga bisa lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, pula beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah mengetahui serta merasakan beragam tipe kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya makin ramai kedai kopi yang menyuguhkan bermacam variasi kopi Arabica.
Walaupun demikian, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca tulisan dalam website Macam Produk Kopi Kapal Api – Toko Online Coffee Maker Di Pemulutan, Ogan Ilir, moga-moga bermakna.

0 comments