Jenis Biji Kopi Arabika – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Meurah Mulia, Aceh Utara

Jenis Biji Kopi Arabika – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Meurah Mulia, Aceh Utara



Jenis Biji Kopi Arabika – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Meurah Mulia, Aceh Utara - Walaupun kian ramai penikmat kopi yang mengidentifikasi beraneka macam tipe kopi, tapi gak sedikit juga yang tampaknya masih tak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesederhana itu, akan tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, mulai varietasnya, daerah ditanamna, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, meski pun dengan jenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja Sulsel misalnya, memiliki aroma serta flavour yang berlainan.

Biji kopi tu sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta adalah verietas terbesar yang terdapat di tanah air serta dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Namun, apakah kalian semua sudah paham keunikan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, menyandang bentuk batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit tapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik kalau ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di lokasi penanaman pun sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta padat. Tidak heran mutunya pula jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Negeri ini yaitu Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini ramai timbul ialah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Jenis Biji Kopi Arabika – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Meurah Mulia, Aceh Utara


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi kini di beragam bagian bumi, orang menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa yang khas, berlainan di tiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh dan tahan hama.

Adapun ciri khusus paling jelas ialah tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi varietas ini nyaris sama. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, akan tetapi susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini sebab ditanam di temperatur udara yang rendah, maka dapat lekas pemanenan" kata Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, pun beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang sudah memahami dan merasakan berbagai jenis kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya semakin ramai kafe yang menyuguhkan bermacam varian kopi Arabika.
Meski seperti itu, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi informasi dalam blog Jenis Biji Kopi Arabika – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Meurah Mulia, Aceh Utara, semoga ada manfaatnya.

0 comments