Jenis Kopi Robusta Spesial – Toko Mesin Coffee Maker Di Montong, Tuban

Jenis Kopi Robusta Spesial – Toko Mesin Coffee Maker Di Montong, Tuban



Jenis Kopi Robusta Spesial – Toko Mesin Coffee Maker Di Montong, Tuban - Biar semakin ramai pecinta kopi yang menandai berbagai jenis kopi, tetapi gak sedikit pula yang tampaknya masih gak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesederhana itu, tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan penuh perihal, mulai dari varietasnya, kawasan perkebunannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan bijinya. Karena itu, walau pun dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo dengan Toraja Sulsel contohnya, menyandang aroma dan flavour yang begitu beda.

Tanaman kopi sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta adalah verietas mayoritas yang terdapat di tanah air dan digunakan di beberapa kedai kopi.

Akan tetapi, apakah kamu semua sudah mengerti keunikan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menjelaskan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai tatanan butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit akan tetapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan pun sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian juga tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang aroma yang wangi serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tidak heran kualitasnya juga jauh lebih mahal dibanding jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Nusantara yaitu kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini banyak timbul yaitu kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Spesial – Toko Mesin Coffee Maker Di Montong, Tuban


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi sekarang di beragam belahan dunia, petani menanam dan mengembangkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa khas, berbeda di setiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat serta tahan hama.

Adapun kekhasan paling menonjol adalah peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, akan tetapi susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini sebab ditanam di hawa rendah, maka dapat lekas pemanenan" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, pun beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah mengenal dan merasakan beragam jenis kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin ramai warung kopi yang menyuguhkan beraneka variasi kopi Arabica.
Meski begitu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah menyambangi artikel di blog Jenis Kopi Robusta Spesial – Toko Mesin Coffee Maker Di Montong, Tuban, moga-moga bermakna.

0 comments