Jenis Kopi Aceh Paling Enak – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Maluku Tengah

Jenis Kopi Aceh Paling Enak – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Maluku Tengah


Jenis Kopi Aceh Paling Enak – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Maluku Tengah - Meski semakin banyak pecinta kopi yang mengenali beragam jenis kopi, namun tidak sedikit juga yang ternyata masih tak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimpel itu, akan tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan banyak hal, dimulai dari kelasnya, tempat penanamannya, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan bijinya. Itu sebabnya, meski dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo dengan Toraja contohnya, memiliki aroma dan flavour yang begitu berbeda.

Tanaman kopi sendiri mempunyai jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta merupakan verietas mayoritas yang ada di negeri ini dan digunakan di beberapa coffee shop.

Tapi, apakah kamu semua telah mengetahui kekhasan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai struktur bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tapi mempunyai taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di perkebunan juga hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena hama karat daun terutama kalau ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tak heran nilainya pun lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Nusantara yakni kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini banyak timbul yakni kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Jenis Kopi Aceh Paling Enak – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Maluku Tengah


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi saat ini di beragam belahan bumi, petani menanam serta mengembangkannya. Tak heran produksinya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa spesial, berlainan di tiap-tiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 M MDPL dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat serta tahan penyakit & hama.

Adapun ciri khusus paling gamblang ialah taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi tipe ini nyaris sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, tapi susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam setahun, perihal ini karna ditanam di temperatur udara yang rendah, maka bisa cepat panen" kata Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Tanah Air ialah Lampung, juga sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang telah mengenal serta merasakan berbagai veretas kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak kafe yang menyuguhkan bermacam variasi kopi Arabica.
Walaupun seperti itu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah membaca tulisan di blog Jenis Kopi Aceh Paling Enak – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Maluku Tengah, moga-moga ada manfaatnya.

0 comments