Jenis Kopi Di Toraja – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Cadasari, Pandeglang

Jenis Kopi Di Toraja – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Cadasari, Pandeglang


Jenis Kopi Di Toraja – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Cadasari, Pandeglang - Biar makin ramai penikmat kopi yang menandai beraneka macam tipe kopi, tapi tidak sedikit juga yang ternyata masih tak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimple itu, tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan penuh perihal, dimulai dari jenisnya, daerah penanamannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, meski berjenis sama, rasa kopi Gayo dan Toraja Sulsel umpamanya, memiliki aroma serta cita rasa yang berlainan.

Kopi sendiri memiliki verietas yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang ada di tanah air dan digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Tapi, apakah kamu semua telah paham keistimewaan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang wujud batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit namun mempunyai taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik kalau ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi juga semestinya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tidak heran nilainya pula jauh lebih mahal dibanding tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Nusantara adalah kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini ramai muncul yaitu kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Jenis Kopi Di Toraja – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Cadasari, Pandeglang


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi kini di berbagai belahan dunia, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa spesial, berlainan di tiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh dan resistan penyakit & hama.

Adapun keunikan paling menonjol yaitu tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi jenis ini nyaris sama. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sulit ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini karena ditanam di suhu rendah, maka bisa lekas panen" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama oleh kopi robustanya di Indonesia yaitu Lampung, juga sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah mengenal dan merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya makin banyak kafe yang menyuguhkan beraneka variasi kopi Arabika.
Kendati demikian, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi artikel dalam blog Jenis Kopi Di Toraja – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Cadasari, Pandeglang, mudah-mudahan berguna.

0 comments