Jenis Kopi Arabika Dan – Jual Mesin Coffee Maker Di Rambang Dangku, Muara Enim

Jenis Kopi Arabika Dan – Jual Mesin Coffee Maker Di Rambang Dangku, Muara Enim


Jenis Kopi Arabika Dan – Jual Mesin Coffee Maker Di Rambang Dangku, Muara Enim - Kendati makin ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi beragam tipe kopi, akan tetapi tidak sedikit pula yang ternyata masih tidak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesederhana itu, namun lebih rumit dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, mulai dari kelasnya, tempat peraniannya, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan bijinya. Itu sebabnya, kendati berjenis sama, rasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja Sulsel contohnya, mempunyai aroma dan citarasa yang begitu beda.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta ialah verietas mayoritas yang ada di negeri ini dan dipakai di beberapa coffee shop.

Tapi, apakah kalian semua telah tahu karakteristik dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, menyandang bentuk biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit akan tetapi menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi juga semestinya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang hama karat daun terutama bila ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap panen pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki bebauan yang harum kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tidak heran kualitasnya pula lebih mahal dibanding jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Tanah Air adalah kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini ramai bermunculan adalah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Arabika Dan – Jual Mesin Coffee Maker Di Rambang Dangku, Muara Enim


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, namun kini di bermacam bagian dunia, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran produksinya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karena memiliki cita rasa khas, berbeda di tiap-tiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 meter MDPL dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat dan kebal penyakit dan hama.

Adapun ciri khusus paling gamblang ialah peringkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi macam ini hampir sama. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, tapi sulit ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, kondisi ini karena ditanam di hawa yang rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, juga beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah memahami serta merasakan beragam veretas kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin banyak Coffee shop yang menyediakan beraneka varian kopi Arabica.
Walaupun demikian, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah membaca risalah di website Jenis Kopi Arabika Dan – Jual Mesin Coffee Maker Di Rambang Dangku, Muara Enim, mudah-mudahan bermakna.

0 comments