Manfaat Kopi Pak Belalang – Jual Coffee Maker Di Satui, Tanah Bumbu

Manfaat Kopi Pak Belalang – Jual Coffee Maker Di Satui, Tanah Bumbu



Manfaat Kopi Pak Belalang – Jual Coffee Maker Di Satui, Tanah Bumbu - Biar makin berlimpah pecinta kopi yang mengenali berbagai tipe kopi, tetapi tidak sedikit pula yang nyatanya masih tak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, ujar sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesimple itu, akan tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, mulai varietasnya, daerah peraniannya, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan bijinya. Karena itu, meski pun dengan jenis sama, rasa kopi Gayo dengan Tana Toraja umpamanya, mempunyai aroma dan cita rasa yang berbeda.

Tanaman kopi sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan verietas terbesar yang ada di negeri ini dan dipakai di beberapa warkop.

Tapi, apakah kamu semua sudah tahu keunikan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai rupa butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tetapi menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus jika ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di perkebunan pun semestinya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terpenting apabila ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pun gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai aroma yang sedap seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tak heran kualitasnya pun jauh lebih mahal dibanding jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Nusantara adalah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini ramai bermunculan ialah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Pak Belalang – Jual Coffee Maker Di Satui, Tanah Bumbu


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun saat ini di berbagai bagian dunia, petani menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena memiliki cita rasa yang khas, berbeda di setiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh serta tahan hama & penyakit.

Adapun keunikan setidaknya gamblang yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam setahun, kondisi ini karena ditanam di suhu yang rendah, maka bisa lekas pemanenan" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, pula sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang sudah memahami dan merasakan berbagai tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya makin ramai kedai kopi yang menyuguhkan bermacam varian kopi Arabica.
Kendati seperti itu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi informasi di web Manfaat Kopi Pak Belalang – Jual Coffee Maker Di Satui, Tanah Bumbu, moga-moga ada manfaatnya.

0 comments