Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Jual Mesin Pembuat Kopi di Tanah Datar

Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Jual Mesin Pembuat Kopi di Tanah Datar


Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Jual Mesin Pembuat Kopi di Tanah Datar - Meski semakin banyak pecinta kopi yang menandai berbagai tipe kopi, tapi tak sedikit pula yang ternyata masih tidak mengerti perbedaan kopi arabika dan robusta. yang penting pait, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesederhana itu, tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, mulai dari tipenya, area ditanamna, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan bijinya. Karena sebab itu, kendati berjenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo dan Toraja misalnya, mempunyai aroma dan flavour yang berbeda.

Kopi tu sendiri menyandang verietas yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta ialah jenis mayoritas yang terdapat di tanah air dan digunakan di beberapa coffee shop.

Tapi, apakah kamu semua telah paham karakteristik dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai struktur butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit tetapi memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Suhu di kebun kopi pun seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting bila ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pula gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki bebauan yang harum semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tak heran kualitasnya pun jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Indonesia adalah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini banyak timbul yakni kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Jual Mesin Pembuat Kopi di Tanah Datar


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi sekarang di beragam belahan bumi, petani menanam dan menumbuhkannya. Tak heran produksinya melimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa spesial, berbeda di setiap kawasan tanam" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 M MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat juga tahan penyakit dan hama.

Adapun ciri khas setidaknya eksplisit yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi tipe ini nyaris sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, tetapi sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini sebab ditanam di temperatur udara rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" kata Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Tanah Air ialah Lampung, pula sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah mengenal serta merasakan bermacam tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya makin ramai kedai kopi yang menyuguhkan bermacam varian kopi Arabika.
Walaupun demikian, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah membaca risalah dalam blog Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Jual Mesin Pembuat Kopi di Tanah Datar, moga-moga ada manfaatnya.

0 comments