Resep Membuat Kopi Ala Cafe – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Bandar Surabaya, Lampung Tengah

Resep Membuat Kopi Ala Cafe – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Bandar Surabaya, Lampung Tengah


Resep Membuat Kopi Ala Cafe – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Bandar Surabaya, Lampung Tengah - Kendati kian banyak penikmat kopi yang mengenali berbagai jenis kopi, tetapi tak sedikit pula yang nyatanya masih tidak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimple itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan penuh perihal, mulai dari kelasnya, kawasan ditanamna, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan bijinya. Karena itu, walaupun dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo dengan Toraja Sulsel contohnya, memiliki aroma dan cita rasa yang begitu beda.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta adalah jenis terbesar yang ada di tanah air dan dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Akan tetapi, apakah kalian semua telah paham keistimewaan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki struktur butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit akan tetapi mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan juga semestinya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terkena hama karat daun terpenting bila ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tidak heran harganya juga jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Nusantara yakni kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini ramai bermunculan yakni kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Resep Membuat Kopi Ala Cafe – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Bandar Surabaya, Lampung Tengah


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi masa ini di berbagai belahan bumi, orang menanam lalu mengembangkannya. Tak heran produksinya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa khas, berlainan di tiap-tiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh serta resistan penyakit dan hama.

Adapun kekhasan setidaknya eksplisit adalah tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi jenis ini nyaris sama. Memang ada juga kopi robusta yang enak, akan tetapi susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini karena ditanam di hawa yang rendah, sehingga dapat cepat panen" kata Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, juga beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah mengenal dan merasakan berbagai veretas kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya kian banyak warung kopi yang menyuguhkan beragam varian kopi Arabika.
Kendati demikian, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah membaca tulisan di web Resep Membuat Kopi Ala Cafe – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Bandar Surabaya, Lampung Tengah, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments