Jenis Kopi Robusta Terbaik – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Sorong

Jenis Kopi Robusta Terbaik – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Sorong


Jenis Kopi Robusta Terbaik – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Sorong - Kendati makin banyak penikmat kopi yang menandai beragam jenis kopi, akan tetapi tidak sedikit juga yang tampaknya masih tak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimpel itu, namun lebih komplek dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan penuh perihal, dimulai dari jenisnya, area penanamannya, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan bijinya. Karena itu, meski berjenis serupa, rasa kopi Gayo dan Tana Toraja contohnya, mempunyai aroma dan cita rasa yang berlainan.

Kopi tu sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta ialah verietas terbesar yang ada di tanah air dan digunakan di beberapa coffee shop.

Tetapi, apakah kalian semua sudah paham keunikan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai bentuk batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit akan tetapi menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi pun hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pula gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tidak heran nilainya pula jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Nusantara yakni kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang banyak muncul ialah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Terbaik – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Sorong


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi masa ini di bermacam bagian bumi, petani menanam dan menumbuhkannya. Tak heran produksinya melimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa khas, berlainan di tiap-tiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 M MDPL dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat juga kebal penyakit & hama.

Adapun kekhasan setidaknya eksplisit yaitu tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi varietas ini nyaris sama. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, namun sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam satu tahun, hal ini sebab ditanam di suhu rendah, sehingga dapat lekas panen" tutur Iwan.

Sebagian kawasan yang ternama oleh kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, pun sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah memahami dan merasakan beragam veretas kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya makin banyak Coffee shop yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabica.
Walaupun begitu, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi tulisan di halaman Jenis Kopi Robusta Terbaik – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Sorong, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments