Khasiat Kopi Hijau Qalam – Onlineshop Pembuat Kopi di Halongonan, Padang Lawas Utara

Khasiat Kopi Hijau Qalam – Onlineshop Pembuat Kopi di Halongonan, Padang Lawas Utara



Khasiat Kopi Hijau Qalam – Onlineshop Pembuat Kopi di Halongonan, Padang Lawas Utara - Walaupun makin ramai penikmat kopi yang menandai bermacam tipe kopi, akan tetapi tak sedikit juga yang tampaknya masih tak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, ujar beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimple itu, tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, dari kelasnya, lokasi ditanamna, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan biji kopinya. Karena itu, meski berjenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh serta Toraja Sulsel contohnya, memiliki aroma dan cita rasa yang begitu beda.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki verietas yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta adalah verietas terbesar yang terdapat di tanah air serta dipakai di sebagian besar warkop.

Namun, apakah kalian semua telah mengetahui karakteristik dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai bentuk batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit namun menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Suhu di perkebunan pun seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting apabila ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang bebauan yang wangi kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tak heran kualitasnya pun jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Nusantara yakni kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini banyak timbul yaitu kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Qalam – Onlineshop Pembuat Kopi di Halongonan, Padang Lawas Utara


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi saat ini di berbagai bagian dunia, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karna menyandang cita rasa spesial, berbeda di setiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh juga resistan penyakit dan hama.

Adapun ciri khusus setidaknya mencolok ialah peringkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi varietas ini nyaris sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, tetapi sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini sebab ditanam di suhu yang rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Nusantara ialah Lampung, pun beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang telah mengetahui serta merasakan beragam veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya makin banyak kedai kopi yang menyajikan berbagai variasi kopi Arabika.
Meski demikian, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah mengunjungi tulisan dalam blog Khasiat Kopi Hijau Qalam – Onlineshop Pembuat Kopi di Halongonan, Padang Lawas Utara, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments