Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Jual Coffee Maker Di Jatiroto, Lumajang

Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Jual Coffee Maker Di Jatiroto, Lumajang



Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Jual Coffee Maker Di Jatiroto, Lumajang - Biar kian banyak penikmat kopi yang mengenali bermacam tipe kopi, tapi tidak sedikit juga yang tampaknya masih tak mengerti perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang penting pahit, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesederhana itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, dari varietasnya, lokasi perkebunannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, biar pun dengan jenis sama, cita rasa kopi Gayo dan Tana Toraja misalnya, memiliki aroma dan flavour yang berlainan.

Kopi tu sendiri menyandang verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta adalah verietas terbesar yang terdapat di Indonesia serta dipakai di sebagian besar warung kopi.

Tapi, apakah kalian semua telah mengetahui kekhasan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang tatanan butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit akan tetapi memiliki peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus bila ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi pun hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terutama seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pun gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tidak heran nilainya pula jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Nusantara adalah Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini banyak timbul adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Jual Coffee Maker Di Jatiroto, Lumajang


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi masa ini di berbagai belahan bumi, orang menanam serta menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa spesial, berlainan di tiap-tiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M MDPL dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh serta tahan penyakit dan hama.

Adapun ciri khas paling mencolok yaitu peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi macam ini hampir serupa. Memang ada pula kopi robusta yang enak, tapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini karna ditanam di suhu rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Negeri ini ialah Lampung, juga sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang telah memahami serta merasakan bermacam jenis kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya makin banyak Coffee shop yang menyajikan beraneka variasi kopi Arabica.
Meski demikian, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah membaca risalah di web Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Jual Coffee Maker Di Jatiroto, Lumajang, semoga bermanfaat.

0 comments